Jumat, 16 Mei 2014

Jelajah Dunia Teknologi Informasi

 
FTI Festival 2014
Pada zaman sekarang kebutuhan pada teknologi semakin meningkat seiring maju nya zaman, bukan hanya teknologi electonik saja yang semakin meningkat, komunikasi pun ikut dalam peningkatan yang pesat.  Masyarakat dunia menginginkan sebuah teknologi dengan komunisi cepat dan tanpa batas. Dan dengan teknologi kita dapat melihat dunia tanpa harus menggunakan pesawat atau harus singgah ke sebuah benua ataupun Negara untuk menambah ilmu pengetahuan.

Oleh karna itu, banyak dari peneliti teknologi menciptakan sebuah produk – produk untuk memuaskan masyarakat dunia yang haus akan teknologi komunikasi. Dan di Indonesia pun banyak pihak – pihak yang terus meningkatkan teknologi dari pihak swasta maupun pemerintah. Contohnya seperti Internet banyak pihak – pihak swasta menawarkan Kebutuhan masyarakat akan akses berkecepatan tinggi, tanpa batas dengan harga yang terjangkau. Apalagi di era teknologi informasi, kebutuhan internet terus meningkat dari penjuru dunia. Dan di Indonesia pun sekitar 30juta orang menggunakan internet dan itupun terus meningkat tiap tahunnya.

Dan kegunaan dari internetpun sangkat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mencari informasi, berkerja maupun media untuk bersosialisasi seperti Facebook,twitter,path, maupun yahoo, dengan menggunakan media untuk bersosialisasi masyarakat pun bisa menambah teman ataupun memberi informasi yang berguna, dan banyak lagi kegunaan dari teknologi informasi untuk masyarakat. 



Dan sebagai contoh dari manfaat dari teknologi untuk masyarakat untuk kehidupan sehari - hari nya sebagai berikut :



1. Bidang Penerbangan

  • Mengatur jadwal penerbangan ( flight scheduling ).
  • Mengatur pergantian jadwal terbang dengan mendadak ( itinerary change ).
  • Mengatur sistem penjualan tiket serta reservasi penerbangan ( real time reservation ).
  • Mengatur sistem komunikasi pada pilot-pilot pesawat tentang apa yang perlu dikerjakan ( flight progress checks ).

2. Bidang Perbankan

  • Mengatur service rekening pada nasabah.
  • Sediakan mesin teller otomatis atau anjungan tunai mandiri ( ATM ). dengan perangkat ini, pihak bank bisa berikan kemudahan pada nasabah untuk lakukan transaksi meskipun pada waktu libur.

3. Bidang Perdagangan
  • Sediakan sistem jaringan yang terkoneksi melewati alat bantu scanner ( pemindai ).
  • Sediakan alat bantu customer untuk lakukan pengecekan harga.
4. Bidang Perkantoran                                                                                          
  • Sediakan mesin penjawab telephone dengan otomatis.
  • Sediakan alat pengolah kata dengan mesin komunikasi berbentuk teleks serta faksimile.
5. Rumah Masa Depan
Fungsi TIK didalam rumah masa depan yang berdasar pada home automation yaitu ketersediaan alat pemantau bahaya yang bisa memberitahukan pencurian, kebakaran, serta kebocoran gas. alat ini berperan dengan otomatis serta diperintah melalui saluran telephone.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar